Selasa, 20 Desember 2011

PEMERINTAH DKI TARGETKAN PENAMBAHAN RTH TAHUN INI

Saat ini jumlah ruang terbuka hijau (RTH) baru 9,6 persen dari total luas wilayah Jakarta, hingga Pemerintah provinsi DKI Jakarta menargetkan pembebasan lahan seluas 4-5 hektar. “Kita targetkan 4 sampai 5 hektar lahan akan kita bebaskan untuk menambah RTH di ibu kota” ujar Kepala Dinas Pertamanan DKI Jakarta Sarwo Handayani di sela-sela acara penanaman 1000 pohon , Jakarta Pusat,Minggu (12/1)
Ia mengaku, untuk membebaskan lahan seluas itu, pihaknya mengajukan dana sebesar Rp 40 miliar yang dimasukkan ke dalam RAPBD 2008 yang saat ini tengah digodok di DPRD DKI. Namun Sarwo menegaskan anggaran yang diajukannya untuk pengadaan lahan untuk RTH yang diajukan dalam RAPBD 2008 tersebut belum tentu disetujui oleh DPRD DKI. "Saat ini kita kan masih banyak kebutuhan urgen seperti penanggulangan bencana, jadi belum tentu dana yang kita ajukan dapat disetujui," kilah Handayani.

Di tempat yang sama, Gubernur Fauzi Bowo menuturkan untuk merealisasikan penambahan RTH di ibu kota bukanlah perkara gampang. Sebab, sampai saat ini target 13,9 persen luas RTH yang ideal di Jakarta, ternyata baru dapat direalisasikan seluas 9,6 persen. "Menambah luas RTH di Jakarta bukanlah pekerjaan mudah. Untuk menambah 1 persen saja kita harus bebaskan lahan sekitar 650 hektar, padahal lahan di ibu kota terbatas" ujarnya.

Menyikapi keterbatasan lahan di Jakarta tersebut, Fauzi Bowo menuturkan perlu adanya revitalisasi dan pengoptimalan fungsi-fungsi taman interaktif yang biasanya terdapat di masing-masing kelurahan. Selain mampu sebagai media interaksi antar warga, keberadaan taman interaktif tersebut diyakini mampu menambah RTH di ibu kota.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More